SELAMAT MEMBACA

Selamat membaca, semoga membantu dan bermanfaat.

Kamis, 20 Agustus 2015

Praktek Kerja Lapangan [PKL] di Kalimantan Tengah (Central Borneo) Indonesia

Wehehehehe....
awali ya dengan senyum dulu sebelum membacanya :D
nah, ini ceritanya kenapa ada PKL segala ya, gini gini.... aku dijogja kan kuliah nah dari kampus itu ada yang namanya program praktek kerja lapangan. Jadi gitu singkat nya lah dari pada bertele2, langsung ke pokok cerita okee...
Waktu itu sekitar tahun 2011, ada program PKL dari kampus. Nah aku kebagian di kalimantan, wah belom tau deh tempatnya kayak gimana yang jelas pandanganku tanah kalimantan ya begitu sama seperti tempat tinggal sementaraku di kalimantan barat.
Aku dapet bagian di sampit tapi bukan dikota nya, jauuuuh ke pelosok. Kami berangkat ke kalimantan dari berbagai jurusan pokoknya banyak deh, tapi di regional ku sekitar 60 orang. bujug banyak lah udah cocok buat maen bola sama supporternya sekalian wkowkowko

Kebagian di PT Agrindo Group, itu tempatnya nggak serem kok bro. Rata2 memang kalo di daerah pelosok negeri u know lah keadaanya :D cuma kalo mental nya anak kota apalagi manja mungkin kaget ngeliat kondisinya. Langsung kejang kejang bisa jadi wkwkwkkw
Tapp... itu tadi sekilas pandang tempat tujuan kami2 bro.
kami berangkat malam dari jogja sekitar jam 2 naek bus ke semarang ke pelabuhan kumai kalimantan tengah.
singkat cerita kami udah diatas kapal ni bro, lagi ditengah laut... eh buset, aku kan mabuk laut jadi kurang lebih 2 harian itu kerjaku cuma tidur dan keatas cari angin supaya nggak mabok.
untung dari temen2 mau diajakin naik ketas deck kapal. wah enak banget kalo lagi pagi atau sore hari bro..
berasa Titanic ? wkwkkw alay dah. nggak maksudku suasananya enak dibandingkan didalem kapal/ deck bawah. Karena bisa ngeliat sunrise/sunset kena angin2 gitu :D
turun kebawah langsung masuk angin wkwkwkkwkwk
besoknya naek lagi, tapi turunnya gak masuk angin bro kan udah persiapan dari kejadian awalnya.

teppp... wusss wuuus
kapalnya udah capek berlayar bro wkwkwkwk
trus kapalnya bersandar di dermaga kumai bukan bersandar dibahu mu bro wkwkwk
bahumu kan milik dia wkwkwk masa mw diselingkuhin sama kapal wkwkwk
alahay....
kapal bersandar, kita nyampe kumai siang jam 2an. Udah disediain transportasi dari mereka, mereka pihak PT yang mw nerima kita2... wkwkkw maksa diterima ya? cuieee wkwkkwkw
enggak nggak.. gini jadinya, kita kan beda2 tempat. ada sekitar 4 atau lebih lah itu. aku fokus ke tempatku yaaa
kemudian kami2 naek Bus, transportasi yg udah disiapin. Dari kumai-kalteng ke TKP butuh waktu sekitar 12 jam bro, bayangin aja udah kayak trip jogja sumatera aja :D
bedanya cuma dijalannya ini, sedikit terjal.
setelah 12jam an perjalanan kita nyampe jam 1.30 an pagi bro.

Langsung cari kamar yang udah disiapin trus cari kamar mandi,
Cari kamar mandi buat mandi bro bukan buat coleeee wwkkwkwkwkw
habis mandi trus aku tidur supaya pagi cepet bangun siapa tau ada informasi tambahan dari PT. sebenerya sih udah di infoin pagi ngapain aja, cuma informan nya nggak begitu cekatan. so aku siap2 dan tidur.

Pagi ternyata kumpul di ruang pertemuan, untuk perkenalan dari pihak perusahaan, jelasin apa2 aja disekitar sini. Oke hari itu cuma perkenalan sampe sore, dan akhirnya aku nglakuin aktifitas kayak biasa orang hidup wkwkkw
ya mandi, makan, dan lain2 lah... lain2 nya kamu pikir sendiri bro :D wkwkwkwk

Singkat cerita hari demi hari dilalui dengan penuh perjuangan, kami sudah terbagi kelompok. Dan kelompokku itu cowok semua, bagus.. mental baja semua.
tappp... ternyata ada yang manja nya naudzubillah :D wkwkkwkw maklum lah nggak semua cowok tahan banting, tapi kalo banting2 bisa :v wkwkwk
kami ber 8 dibagi tiap sub, ada yang di pabrik dan ada yg di kebun.
wah pokoknya harus kuat mentalnya deh kalo dipelosok mah.
Kebanyakan dari mereka aku tanyain nggak siap karna, nggak ada signal, airnya terbatas, pulangnya malem, makannya kurang enak..
wealah... kalo mau makan enak, signal kuat... kamu makan spageti di atas tower aja. Dijamin makan enak signal kuat wkwkwkwk
gitu deh rata2 jawabannya kalo pada lagi ngeluh.
tapi terlepas dari itu sebenernya banyak pembelajaran.
1. kita dilatih mandiri, berlatih dan disiplin
2. Mengemban tugas dibawah tekanan
3. Pencapaian target
4. Kerja keras
5. Team work
6. Kreatif dan tepat waktu
7. Presentasi dengan gabungan ilmu teori dan praktek dilapangan
8. Nambah channel dengan orang2, pengetahuan, pengalaman

tuh kira2 manfaat yang ada dipikiran ku deh......
penjabarannya kamu kaitkan aja ya dengan kondisi yang udah aku ceritain diatas hehehe
Pembelajaran pokoknya adalah ketika kita dalam kondisi apapun, berusahalah untuk positif dan mengambil hikmahnya.
Nah, hikmahnya seperti apa? hikmahnya disamping kita terbatas dari hampir segala sesuatu tapi kita punya banyak pengetahuan dilapangan (KALO SERIUS) . Serius tapi santai klo aku mah, yang penting selalu disiplin dan target tercapai. Penggabungan antara teori dan praktek, channel, kedisiplinan, orang2 baru dan banyak lagi deh....
cari aja kesibukan yang membuat mu bahagia . Eksplore diri, jangan diem aja.
Kebanyakan orang kurang tepat adalah disaat posisi terbatas, terjepit dia malah diam dan berpikir tentang nasibnya, bukan bergerak untuk mencari apa makna yang tersembunyi dan berpikir mencari solusi jalan keluar agar nggak terjepit.
Berhentilah untuk diam disaat kondisi tidak mungkin, kita harus gerak.. gerak untuk dapat hal yang baru.
solusi untuk keluar dari zona jahat.. zona yang sebenarnya bukan diri kita.
Oke.....

udah segini ja dulu... sebenernya masih banyak yang perlu diceritain tentang pkl ku ini.
semoga bisa jadi pengalaman dan wawasan, bermanfaat bagi kita semua.