SELAMAT MEMBACA

Selamat membaca, semoga membantu dan bermanfaat.

Senin, 24 Agustus 2015

3 Tahun pendidikanku di Pondok Pesantren Al Fattah (West Borneo)

Nggak kebayang deh bisa sekolah sambil mondok, sebenernya jalanku tapi orang tua yang menempatkan aku di ponpes itu mungkin supaya aku nggak begitu bandel dan punya akhlak yang baik. Ya karena tau sendiri dari kecil aku bandel banget, maklum anak pertama dari 2 bersaudara yaitu adik perempuanku yang lahir di tahun1998. Kenalan dikit tentang adikku, namanya Ita Oktaviani yang lahir bulan oktober. Nah sekarang SMK nya juga di pondok tahun 2014. Pondok Gading mangu Jombang.
Oke, balik lagi ceritaku..


Aku dipondok itu sambil sekolah MTs (Madrasah Tsanawiyah) atau sederajat dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama) kala itu tahun 2003 mulai aku melanjutkan pendidikan ke MTs.
Padahal di pondok itu aku nggak bisa masak dan nyuci, awal tamat sekolah dasar aku langsung terjun mandiri. Apa2 sendiri deh pokoknya, susah senang ditanggung sendiri.
Gimana enggak coba, tiba dipondok langsung dihadapkan ke hal2 yang semua serba sendiri.
sebenernya kalo penangannya dipondok bagus, dalam artikan dari segi makanan dan fasilitas lain ada yang membimbing nggak apa2. Tapi ya maklum lah, namanya juga dipedalaman dan pondok itu baru merintis.
Dulu santri laki2 nya cuma ada 14 orang  dan cewe nya kurang lebih 5 ato 7 gitu.
Sampai dipondok itu aku langsung dikamar, ada 2 orang yang nemenin yaitu mas saiful huda dan mas mahmud. Mereka2 udah lama si, dateng ke kamar ya cuma menghibur karena dia tau aku baru disitu dan umurnya pun masih kecil bgt.
wusssss.... waktu begitu berlalu terus, dengan kemandirian yang pelan2 dibangun,.
Nah, diperjalanan itu nggak mudah bro. Masa2 sulit aku lalui, dari mulai bagaimana cara bertahan hidup, mencuci, memasak sendiri. Berat karena kaget, dengan kondisi baru aku yang belum bisa apa2 bahkan tergolong anak yang manja.
Hari demi hari terlewati,....
Kisah makan dipondok perintisan gini bisa dibilang extra hard, kalau sekarang kan banyak pondok modern yang lebih terorganisir dalam hal makanan dan tempat jadi lebih terjamin lah dari pada pas waktu merintis.
Tapi lambat laun, aku mulai terbiasa dengan kehidupan mandiri ku.
Yang aku petik hikmahnya disini adalah aku bisa melatih sejak dini kemandirianku dan kedisiplinanku, bagaimna cara bangun pagi mencuci dan memasak, harus mengaji dan sekolah.
Tapi dari sisi psikologi dan mental aku rasa kalo untuk anak manja itu kurang efektif, apalagi umur yang muda cenderung bergaul ke hal2 yang mereka senangi tanpa memikirkan akibatnya.
disitulah kekurangannya, karena tak ada pembimbingan yang baik untuk menumbuhkan sikap positif dan mental seorang anak. Mereka anggap porsi santri itu sama, tapi mereka kurang bisa melihat umur berapa santri ini bagaimana latar belakangnya, bagaimana bimbingannya agar mental dan psikologisnya tidak terpengaruh oleh hal2 negatif.
Sebenarnya banyak kegiatan2 positif di pondok itu, tapi banyak juga pengaruh negatif dari para santri.
Macam ragamnya banyak bro, ada yang bandel, ada yang pelit, ada yang alim, ada yang sok alim.
Makanya, usahakanlah bagi yang belum terlanjur. Memilihlah pergaulan yang baik, itu akan mempengaruhi pola hidup dan prilaku kita. Yang ke 2 adalah dari diri kita, ya wajar kan namanya umur muda masih seneng hura2. Tapi sebagian orang mampu untuk membatasi hal itu. Ya karena bimbingan orang tua yang baik. Pokoknya peran bimbingan lah yang di prioritaskan. Kalo di umbar gitu aja wah bisa parah.
Bimbingan orang tua sangat penting bagi umur anak2 dan pemuda yang masih labil :)
...

Oke lah, itu cuma sekedar pengantar bagaimana seharusnya porsi anak umur belasan tahun.
Jangan sampe para orang tua lalai, lupa dan tidak tau bagaimana memperlakukan anak2nya, tentang masa depannya nantinya, tentang bagaimana cara mendidiknya, bagaimana porsi seharusnya dari mental dan pendidikan yang harus anak terima.
Fine, itu kisahku yang kelam...
Lanjut lagi ke hal2 yang terjadi pondok rintisan ini.
Sebenernya, banyak hal2 positif di pondok itu. Mulai dari pendidikan diniyah atau pendidikan agama dikala sore.
Nah, ini jadwalku dipondok Al Fattah itu,
Mulai dari bangun tidur jam 3 sholat tahajud, dilanjut dzikir dan akhirnya sholat shubuh.
setelah sholat shubuh ada hafalan Juz 'Amma, itu hafalan Al Qur'an juz 30 dari ayat2 pendek yaitu alfatihah sampe surat yang bunyinya 'Ammaa yatasaa aluun...
Itu pokoknya dijatah kalo hafalan, kadang tergantung porsi kecepatan menghafal. Kalo aq biasanya 7 ayat atau 10. Tapi gak semudah membaca gitu aja bro, kita mesti ngafalin makhorijul huruf atau tajwid dari setiap hurufnya, jadi sering banget ngulang2 ayat bahkan sampe 10x. nah kalo udah bener banget baru dilanjutkan hafalan ayat berikutnya. Gitu deh metode hafalan sketika hubuh nya.
Trus lanjut jam 6 selesai, mulai bersih2 dan jalanin tanggung jawab masing2 santri, kalo aq dulu kebagian ngasih makan ayam bro :D
nggak cuma ngasih makan, tapi aku juga harus ngebersihin kandangnya, merhatiin minumnya, pokoknya sekitaran kandang itu.
Kadang pak kiai juga cek2 dan tanya2 dilapangan, tentang bagaimana aku ngurusinnya.
Ya awalnya aku nggak bisa, tapi karena aku tau ini tanggung jawab jadinya aku belajar. Meski sering awal2 aku kurang tepat sasaran. Hehehe ya namanya pertama bro, asal kita yakin aja insyaalloh bisa :)
Lanjut lagi, setelah jam 6.30an aku bersih2 badan dulu,mandi dan nyuci2 selembaran pakaian.
Setelah itu kemudian sarapan, kalo udah masak. Nah kalo belum masak ya masak. Kadang nggak sempet masak dan sarapan.
Jadi begitu mandi, pakaian dan langsung berangkat sekolah.
Karena sekolah dan pondoknya deket aku sempatkan waktu istirahat masak nasi dulu.
Nah istirahat kedua aku coba cari2 lauk dulu, kalo ketemu ya bisa makan pas istirahat. Kalo nggak ketemu ya masak dan makan waktu pulang sekolah.
Nggak segampang di kota bro, apa2 tinggal ke minimarket. Ini tempatnya dipinggir hutan, jadi dari segi sayur mayur kalo kita nggak mandiri nanam sendiri jadi sulit. Untung aku nanam kangkung dan katu dan juga singkong, tebu, dan laen2 lah. Harapanku ya dengan aku bercocok tanam itu aku nggak kesulitan kedepannya untuk mencari sayur2an. Meskipun sederhana yang penting ada cadangannya hehehehe
...

sup sup sup.... aku masih sekolah nih, setelah istirahat aku masuk lagi. Pulang sekolah sekitar jam 1.
waktu 1 jam itu digunakan untuk MCK, u know kan MCK apaan hehehe
ya makan, mandi kalo sholat dzuhurnya kan udah tadi istirahat ke 2 di sekolah
Udah semua kemudian,
dilanjut mengaji, atau belajar ilmu agama jam 2 siang...
pengajarannya macem2 bro nggak cuma ngafalin aja, dipengajaran agama itu ada fiqih, tauhid dan blablabla...
waktu berlalu...wusssssssssh...
jam 3 udah nih, waktunya sholat ashar. Setelah sholat ashar aku lanjut lagi ngajinya sampai jam 4.
Akhirnya jam 4 sore aku pulang dari diniyah ato ngaji tu.
Setelah ngaji kemudian MCK lagi, kemudian dilanjut persiapan maghriban.
Jam 5.30an sudah harus di masjid bwt magriban, nah setelah maghriban tiba kita lanjut dzikir sampe isya,. ada yang menderes atau mengeja dan menghafalkan ayat2 yang akan disodorkan waktu shubuhan,. ada juga yg membaca alquran ada juga yang lain2...
nguing nguing nguiiiiiiiiiiiiing.......
adzan isya tiba dan mulai melakukan sholat isya sampai pada akhirnya ngaji atau ekstra kulikuler pondok seperti latihan rebana atau ta'lim muta'allim.
itu nyesuaikan jadwal.... kalo nggak ada ngaji ya belajar buat besok sekolah. Ada juga yang memasak untuk sarapan besok pagi.
Kemudian setelah belajar dan memasak, waktunya bersih2 badan dan tidur.
begitu terus bangun jam 3 dan begitu terus kegiatannya...
KECUALI hari libur, hari keagamaan dan kalo ada kegiatan dipondok yang bersifat umum, jadwalnya menyesuaikan.
....
uhuhuhu... itu baru cerita dipondoknya aja. Kegiatanya seperti itu..
Kalo kisah pendidikanku di pondok nggak mulus juga, pasalnya aku dulu hampir putus sekolah gara2 orang tua nggak sanggup lagi biayain sekolah. Pada akhirnya aku mau pulang, pamitan sama pak kiai nya.
"Pak saya sudah nggak sanggup lagi sekolah disini, dikarenakan orang tua nggak sanggup lagi biayain sekolah dan mondok saya" ungkapku.
Kemudian pak kiai menjawab "Lho... kamu kan punya potensi, masa kamu pulang gitu aja. Masih ada niat sekolah? masih mau mondok?:"
"Masih pak yai, ya tapi kondisinya begini" Jawabku
trus pak yai menjawab "Ok kalo gitu gini, pak yai punya solusi. Kamu tetep sekolah, nanti makan dari pak yai sedangkan biaya sekolah dari pak kepala sekolah"
"Alhamdulillah pak yai, terima kasih kalo masih ada pertolongan seperti itu" jawabku..
"Sekarang kamu nggak usah pulang, kamu tetep disini dan kalau masalah biaya itu nanti biar kami yang nanggung" Ungkap pak yai.
Alhamdulillah dalam hatiku... akhirnya aku nggak putus sekolah...
alhamdulillah bangeet ada pertolongan Allah melalui pak kiyai dan pak kepala sekolah.
Namanya pak kiyai di pondok pesantren Al Fattah itu Pak Kiai Muhammad 'Ali Syuhadi dan pak kepala sekolahnya Pak Nahroni S,Ag
Mereka sangat berjasa bagiku baik dari keluarganya pokoknya semuanya deh :) terima kasih pak
...
Akhirnya sampai lulus sekolahku di ponpes Al Fattah itu 2005, alhamdulillah aku dapet ranking 3 disekolah.
Tapi sama orang tuaku dimarah2 "Kenapa kamu ranking 3" . Wah disitu aku ngerasa bersalah banget deh, tapi ya mau gimana lagi segitu udah usahaku pak.
Seharusnya orang tua bukan menyalahkan anaknya begitu saja, lebih baik memberikan dorongan dan nasehat agar anaknya lebih bersemangat untuk menggapai cita2nya.
Makanya para orang tua peran untuk mengerti karakter anak itu SANGAT PENTING bagi pengembangan mental dan psikologis anak.


Kemudian aku nggak lupa pamitan kepada pamitan kepada pak kiyai dan pak kepala sekolah, berterima kasih tentang jasa2nya. dan pamitan juga sama teman2 sekolah dan pondok, adik2 kelas yang berada dipondok juga.

Byeee... anda sangat berkesan bagi kehidupanku :)
Anda2 sangat luar biasa, selamat jalan sekolahku selamat jalan pondokku,
semoga aku bisa kembali membawa ilmu baru untuk berbagi mengembangkan pondok Al Fattah. Amiiin

Kurang lebih itulah kisahku di pondok.

To Be Continued,,,..

Gambar hanya ilustrasi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar